0 comments

Istilah-istilah dalam internet

Published on Senin, 28 Januari 2013 in

ISTILAH DALAM INTERNET - Pada jaman sekarang, siapa yang tidak mengenal internet? hampir semua orang sudah sangat familiar dengan internet. Tetapi sudahkah anda faham istilah dalam internet dan penjelasannya? belum tentu bukan? kalau urusan memakai / menggunakan mungkin sudah oke, tetapi belum jaminan para netter sudah benar-benar mengerti istilah penting dalam internet.

istilah dalam internet

Istilah dalam internet memang sangat beragam. Jika anda memang merasa masih sangat awam terhadap berbagai istilah yang ada di internet, tentunya tidak ada salahnya jika anda berusaha menggali lebih dalam lagi mengenai hal ini. Toh tidak ada ruginya kan terus belajar untuk memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan? Nah, pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi informasi mengenai kumpulan istilah yang menjadi bagian penting dari internet. Selengkapnya silahkan anda simak dariSituSaja.

Berikut kumpulan ISTILAH DALAM INTERNET dan penjelasannya :

Client : Sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user. 

Archie : Perkakas untuk pengindeks-an arsip yang terdapat di FTP, sehingga memungkinkan orang untuk melakukan pencarian yang spesifik. Implementasi pertama kali ditulis oleh Alan Emtage dan J. Peter Deutsch pada tahun 1990

Chat : Obrol, obrolan, rumpi

Domain name : Nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada Internet

Link : Taut, Kait, Pautan, Pranala

Mainframe : Komputer berukuran relatif besar dan memiliki kemampuan lebih besar dari komputer mikro dan mini, mainframe dapat menjalankan banyak proses dalam satu waktu

Offline : Terputus atau tidak terhubung kedalam suatu jaringan

Online : Terhubung kedalam suatu jaringan

BITNET : Secara teknis, BITNET merupakan jaringan point-to-point “menyimpan dan meneruskan”. Dalam hal ini sebuah pesan email dari sebuah komputer ditransmisikan secara bertahap dari satu server ke server lainnya sampai tiba di komputer tujuan.

Veronica : Mesin pencari untuk protokol Gopher, diciptakan pada tahun 1992 oleh Steven Foster Fred Barrie dari University of Nevada

WAIS : Wide Area Information Servers atau WAIS adalah sistem pencarian teks client-server yang menggunakan standar ANSI Z39.50 untuk mencari indeks basis data pada komputer remote

Website : Situs Web

Wireless : Teknologi pentransmisian data tanpa menggunakan kabel, teknologi wireless menggunakan frekuensi gelombang elektromagnetik & sinar laser sebagai alat transmisinya

Server : Sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client dalam suatu jaringan. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin

Upload : Proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

Download : Proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang anda gunakan (client).

Usenet : Sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global, secara kasar merupakan hibrida/gabungan antara email dan forum web

User : Pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail)

Bandwith : Istilah bandwidth sering anda dengar dalam gelombang atau radio. Bandwidth digunakan sebagai ukuran kemampuan sebuah jaringan dalam menteransfer data pada jangka waktu tertentu.

Spam : SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak di inginkan seperti email yang tidak penting berantai, iklan, dan sebagainya.

HTTP : HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) protocol yang digunakan untuk bertukar informasi di internet komputer anda dapat menerima file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protocol http.

POP ( Post Office Protocol ) : POP adalah protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP.

Mungkin  itulah beberapa istilah dalam internet yang dapat kami hadirkan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya masih sangat banyak hal-hal dan istilah terkait  internet yang masih bisa anda gali lagi. Harapan kami semoga informasi yang tidaklah seberapa ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua. Bagi anda yang memang mempunyai sebuah hubungan jarak jauh dengan kekasih anda, teknologi internet memang bisa memberikan solusi untuk lebih mempermudah proses komunikasi diantara anda berdua. Jarak sudah tidak menjadi masalah lagi.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Istilah-istilah dalam internet"

Add Your Comment